About Me

Arman Hakim adalah singkatan dari Nama Lengkap saya : Arif Rahman Hakim.

Saya seorang programer muda, yang saat ini sedang mengembangkan berbagai aplikasi dekstop maupun web-based. Perjalanan karir saya sebagai programer bermula dari keingintahuan mengenai dunia coding & programming. Dan kesan pertama saya mengenalnya, saya langsung jatuh cinta… ^_^

Selain menjadi programer, saya menyukai hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan pribadi, motivasi, inspirasi serta hal-hal yang dapat menjadikan pribadi ini sebagai pribadi yang lebih bernilai dan bermanfaat bagi sesama.


Bismillah. Perjalanan hidup manusia telah ditentukan sejak dulu dalam lembaran Takdir-Nya dan setiap manusia akan dimudahkan dalam menempuh jalan takdir yang ditentukan untuknya.

Saat ini, saya bekerja di sebuah perusahaan konsultan IT di Semarang. Aplikasi yang saya kembangkan lebih fokus dalam pengelolaan keuangan daerah, mulai dari Aplikasi Penyusunan APBD, Penatausahaan Keuangan Daerah sampai dengan Pelaporan (Akuntansi) Keuangan Daerah.

Background pendidikan saya, bukan murni dari Akuntansi Publik. Saya menyelesaikan D3 – Komputer Akuntansi di STMIK Widya Pratama Pekalongan dan melanjutkan S1 – Sistem Informasi di Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang. Dalam perusahaan, saya merupakan salah satu tenaga ahli IT, sebagai Programmer, yang pada prakteknya juga menjadi Database Designer dan Analyst System. Walaupun sebenarnya, masing-masing profesi itu memiliki Job Description (dan gaji ^_^) yang berbeda.

Pengetahuan saya mengenai Akuntansi Sektor Publik atau Akuntansi Pemerintah Daerah ini saya dapatkan dari tenaga ahli-tenaga ahli yang kebanyakan dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang. Bersama Tim, kami telah membantu pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerahnya, antara lain, Pemda Provinsi Sumatera Selatan, Pemda Kabupaten Bangka Selatan, Pemda Kota Prabumulih, Pemda Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemda Kabupaten Banyumas, dll.

Sebelum bergabung dengan perusahaan konsultan IT ini, saya sempat bergabung dengan beberapa software house. Selama bekerja di software house, saya sempat mengembangkan beberapa aplikasi, seperti Aplikasi Penjualan dan Persediaan Barang di Toko Batik, Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam, Aplikasi Apotek, dan juga Aplikasi BMT dan BPR.

Secara mandiri, saya juga sempat mengembangkan beberapa aplikasi, antara lain Aplikasi Pengelolaan Jaminan Pembiayaan dan Aplikasi Penggajian yang sejak 2007 sampai sekarang masih digunakan di BMT BAHTERA Pekalongan. Saat masih kuliah, saya juga sering diminta membantu teman-teman mahasiswa dalam menyelesaikan Skripsi dan Tugas Akhir.

Kita tidak pernah tahu, apa yang akan terjadi esok, dan takdir seperti apa yang menanti kita di masa depan. Kita hanya perlu berusaha melakukan yang terbaik, mensyukuri apa yang ada, dan jangan pernah menyerah berjuang dalam hidup ini, karena seringkali pertolongan-Nya datang pada saat-saat terakhir kita mulai merasa letih, lelah, merasa hampir putus asa.

Arif Rahman Hakim

  1. griyafarma
    December 1, 2010 at 1:38 am

    mohon info untuk aplikasi apotek harga berapa? trus dapat fasilitas apa aja?
    mohon info

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment